Thursday, August 14, 2014

Plegmatis - Melankolis

Karakterku menurut secara psikologis adalah Plegmatis-Melankolis. Memang benar karaakterku pas dengan Plegmatis-Melankolis, namun aku lebih condong ke Plegmatis.

Plegmatis

Plegmatis adalah watak manusia yang cenderung lebih menyukai kedamaian, dan lebih suka menghidanri konflik dan tanggung jawab.
Dan karena sifatnya itulah tak heran jika watak plegmatis merupakan penyeimbang dari ketiga watak lainnya. Watak yang mampu menciptakan kestabilan dan keseimbangan hidup.
Watak plegmatis bisa menghentikan rencana gila sang sanguinis yang begitu terobsesi dengan kepopuleran. Watak plegamtis juga tidak akan larut dalam kekesempurnaan rencana yang dibuat oleh melankolis.
Juga tidak begitu terkesan dengan ide – ide cemerlang yang dibuat oleh orang – orang dengan watak koleris.
Kaum plegmatis memang cenderung tenang, kalem dan santai dalam meghadapi hidup.
Plegamtis dengan sikap tenang dan damainya memang bisa membuat orang disekitar beruntung karena bisa menyadarkan mereka dari rencana – rencana yang tidak penting yang telah mereka pikirkan.
Namun kedamaian dan ketengan yang dimiliki oleh kaum plegmatis tidak berarti selalu dalam wilayah yang menyenangkan dan menguntungkan. Karena ada kalanya sikap yang dimiliki oleh plegmatis berbuah masalah.
Hal ini dikarenakan kaum plegmatis biasanya tidak pintar dalam mengambil keputusan. Dan bila diminta untuk membuat keputusan, biasnya mereka akan menunda – nunda untuk membuat keputusan.
Sikapnya yang tenang dan kalem bahkan cenderung tidak memiliki antusiasme dalam menghadapi hidup membuat mereka kehilangan tujuan hidup dan sulit untuk memotivasi diri.
Sehingga jika kita bekerja dengan orang yang memiliki watak plegmatis, maka kita harus rajin – rajin untuk memberikan mereka semangat dan motivasi hidup.
Kaum plegmatis biasanya lebih bagus untuk dijadikan pendengar, namun tidak untuk membuat keputusan. Karena biasanya keputusan yang mereka buat adalah keputusan yang bisa menyenangkan semua orang.
Jika ingin meminta pendapat, pergilah kepada orang yang memiliki sifat korelis, yang memiliki pemikiran yang praktis dan bisa dijadikan tumpuan dalam menghadapi keadaan darurat.

kaum plegmatis umumnya menghindari konflik a.k.a netral, bagi mereka Perdamaian itu nomor 1, perdamaian. Mereka juga baik hati, pribadinya tenang rendah hati dan juga penyabar, terlihat kalem. kalau digabung sama sifat diatas, sepertinya pekerjaan yang cocok jadi diplomat. Banyak dari tipe Plegmatis mempunyai daya humor yang tinggi, menyenangkan untuk diajak gaul.
si plegmatis mereka tipe pendegar, jadi kalau misalkan ada orang yang berbicara anda memperhatikan seorang teman asik mendengarkan dialah si plegmatis. so, mau curhat, pilihlah orang dengan sifat plegmatis. Buruknya, orang plegmatis orang simple, tidak mau melibatkan diri dalam konflik bahkan konflik di dirinya sendiri alias ingin mudahnya kalau ada yang mudah ngapain dipersulit kalau disuruh mengambil keputusan sering kali ditunda tunda, jadi punya teman plegmatis kayaknya harus dicambukin biar jalan, apalagi sifat gak bersemangat dan malesnya yang gak ketolongan, suka menunda nunda dan ambil enaknya ternyata mereka juga kikir, sedikit egois dan penakut.
Ini adalah daftar kekuatan dan kelemahan dari sifat PLEGMATIS:
KEKUATAN:
* Mudah bergaul, santai, tenang dan teguh
* Sabar, seimbang, dan pendengar yang baik
* Tidak banyak bicara, tetapi cenderung bijaksana
* Simpatik dan baik hati (sering menyembunyikan emosi)
* Kuat di bidang administrasi, dan cenderung ingin segalanya terorganisasi
* Penengah masalah yg baik
* Cenderung berusaha menemukan cara termudah
* Baik di bawah tekanan
* Menyenangkan dan tidak suka menyinggung perasaan
* Rasa humor yg tajam
* Senang melihat dan mengawasi
* Berbelaskasihan dan peduli
* Mudah diajak rukun dan damai
KELEMAHAN:
* Kurang antusias, terutama terhadap perubahan/ kegiatan baru
* Takut dan khawatir
* Menghindari konflik dan tanggung jawab
* Terlalu pemalu dan pendiam
* Kurang berorientasi pada tujuan
* Sulit bergerak dan kurang memotivasi diri
* Lebih suka sebagai penonton daripada terlibat
* Tidak senang didesak-desak
melankolis : Dalam muamalah, Melankolis cenderung dekat dan nyaman dengan para Plegmatis. Ini dikarenakan sifat kedua karakter ini tak jauh berbeda. Plegmatis yang memiliki julukan “Juru Damai” ini memang senang berada di belakang layar, dengan kata lain mereka orang yang kalem bahkan cenderung pendiam. Selain itu sifat mereka yang optimis dan “Speak Up” mampu mengubur sifat pesimis dari para Melankolis. Maka tak heran bila para Melankolis lebih menunjuk para Plegmatis untuk menjadi orang terdekatnya, baik itu sebagai sahabat ataupun teman hatinya.


Melankolis

Melankolis orangnya pemikir, sensitif, romantis, teratur, mempunyai rasa empati yang tinggi, tak jarang kalau ada teman yang ada masalah dialah orang pertama yang merasakanya bahkan menjadi pendengar yang baik. selain berempati, melankolis juga romantis. Si melankolis ternyata punya bakat perfeksionis harus sempurna, tipe pemikir, orang bertipe ini cenderung mempunyai rasa seni yang tinggi, suka akan gambar, grafik dll, cukup berbakat menjadi seorang seniman entah musik atau pelukis. Mereka juga kadang suka sekali namanya berkorban, bahkan mengorbankan diri mereka sendiri demi orang lain, tidak suka menonjolkan diri a.k.a low profile lebih memilih bekerja dibalik layar. Ssisi jeleknya, tipe melankolis orangnya super sensitif, mereka suka yang namanya menyendiri, kadang juga terjebak dimasalalu dengan ratusan kisah sedih sambil meratapi nasib dan suka membesar besarkan masalah.
melankolis umumnya tertutup, kalau ada masalah biasanya diumpetin, kalaupun dibagi, pastilah dibagi dengan orang yang paling diapercaya entah keluarga ataupun teman. mereka juga kadang suka meremehkan diri mereka sendiri, padahal apa yang dikerjakanya mungkin lebih bagus dengan orang lain, istilahnya rumput tetangga lebih hijau dan juga takut kegagalan pokoknya pikiranya negatif terus tidak ada motivasi. idealis, kalau dirasa sesuatu tidak sesuai kehendaknya mereka kadang suka ngedumel.


MELANKOLIS:
KEKUATAN:
* Analitis, mendalam, dan penuh pikiran
* Serius dan bertujuan, serta berorientasi jadwal
* Artistik, musikal dan kreatif (filsafat & puitis)
* Sensitif
* Mau mengorbankan diri dan idealis
* Standar tinggi dan perfeksionis
* Senang perincian/memerinci, tekun, serba tertib dan teratur (rapi)
* Hemat
* Melihat masalah dan mencari solusi pemecahan kreatif (sering terlalu kreatif)
* Kalau sudah mulai, dituntaskan.
* Berteman dengan hati-hati.
* Puas di belakang layar, menghindari perhatian.
* Mau mendengar keluhan, setia dan mengabdi
* Sangat memperhatikan orang lain

KELEMAHAN:
* Cenderung melihat masalah dari sisi negatif (murung dan tertekan)
* Mengingat yang negatif & pendendam
* Mudah merasa bersalah dan memiliki citra diri rendah
* Lebih menekankan pada cara daripada tercapainya tujuan
* Tertekan pada situasi yg tidak sempurna dan berubah-ubah
* Melewatkan banyak waktu untuk menganalisa dan merencanakan (if..if..if..)
* Standar yang terlalu tinggi sehingga sulit disenangkan
* Hidup berdasarkan definisi
* Sulit bersosialisasi
* Tukang kritik, tetapi sensitif terhadap kritik/ yg menentang dirinya
* Sulit mengungkapkan perasaan (cenderung menahan kasih sayang)
* Rasa curiga yg besar (skeptis terhadap pujian)
* Memerlukan persetujuan




Karakter melankolis dan plegmatis keduanya bersifat introvert, jadi bisa dibilang orang yang berkarakter melankolis-plegmatis seperti aku akan lebih memilih untuk memendam apa yang dipikirkan dan diinginkan. Lebih menyukai untuk menghindari konflik dan bersifat tertutup terhadap orang lain. Tapi jangan salah, apabila orang melankolis-plegmatis telah merasa dekat dan nyaman dengan seseorang , maka dia akan dapat bersifat ekstrovert dalam situasi tertentu.
Dengan karakter yang tertutup ini menjadikan orang melankolis-plegmatis tidak menonjol diantara yang lain. Lebih memilih untuk dibalik layar, tak suka menjadi sorotan orang banyak. Dan lebih suka berada di jalur yang aman.
Karakter melankolis yang menginginkan semuanya berjalan sesuai dengan aturan yang ada terkadang menjadikan orang melankolis mudah dihinggapi rasa mudah putus asa bila yang terjadi kurang sesuai dengan rencana yang diharapkan.
Karakter plegmatis sendiri sebenarnya lebih dapat bergaul dengan lingkungan, dan dapat menjadi pendengar yang baik. Tak pernah bisa untuk menolak permintaan dari teman, walaupun hatinya sebenarnya menolak. Ya ini namanya orangnya jadi ga tegaan, merasa bersalah ketika orang lain merasa kecewa dengan dirinya walaupun itu bukan kesalahannya.
Gabungan karakter ini menjadikan orang yang memiliki karakter ini bersifat ramah, lembut, bersahabat tapi tertutup. Tapi semua karakter ini harus dapat dioptimalkan sisi positifnya dan dapat diminimalkan sisi negatifnya.
  • Berurusan dengan orang plegmatis itu serba salah, ibarat keledai "kalau didorong ngambek, kalau dibiarin tidak jalan".
  • Seorang plegmatis itu tidak sepenuhnya gembira dalam pesta dan tidak sepenuhnya bersedih dalam perkabungan..*perasaannya datar.
  • Ibarat kiasan, "kalau seseorang menusuk seorang plegmatis dengan jarum, dia hanya menoleh dan menggeliat saja".
  • Saat menjalin hubungan dengan orang tipe plegmatis-melankolis, Anda akan sangat terkesan dgn keramahan dan kepribadiannya yg menyenangkan.
  • Namun, berhati-hatilah karena belum tentu apa yang Anda rasakan sesuai dengan suasana hati atau penilaiannya terhadap Anda. *good faker.
  • Orang plegmatis itu cenderung suka menurut dan pasrah. Bukan karena dia tidak memiliki pendirian, dia hanya tidak menyukai konflik.
Orang plegmatis melankolis cenderung menyimpan masalahnya seorang diri. Tak suka orang lain tahu masalahnya dan tak suka menceritakannya. Mencari jawaban dan solusi dari tiap masalah sendirian. 

Tak jarang jika banyak plegmatis-melankolis yang stress dan depresi ringan. Tekanan di dalam dada dan pikiran yang membuatnya sesak sering dimanifestasikan dalam bentuk air mata. Menangispun tak di hadapan orang-orang. Makanya plegmatis-melankolis lebih suka menyendiri ketika stress. Pergi ke suatu tempat sendirian dan mencurahkan perasaannya di sana.

Orang plegmatis-melankolis tak akan tega menyakiti temannya. Dia paling takut jika ada yang membenci dirinya. Sebisa mungkin plegmatis-melankolis berdamai dengan sekitar, jika perlu ia akan meminta maaf kepada orang yang tak suka dengannya.

Tapi berhati-hatilah jika kamu tak sengaja/sengaja menyakitinya. Karena ia tak akan bilang padamu ketika ia tersakiti. Lagi-lagi hanya menyimpan perasaannya dan sedih seorang diri. Jika seorang plegmatis-melankolis mengatakan padamu bahwa ia sakit hati karenamu, itu tandanya kepedihannya tak dapat dibendung lagi dan rasa itu amat sangat perih di hatinya. Minta maaflah padanya.

Orang pelgmatis-melankolis biasanya akan bersikap biasa-biasa saja bahkan cenderung tanpa ekspresi di hadapan orang-orang, ketika ia sedang sedih atau senang. Kamu tak akan pernah tau seberapa dalam dukanya, ketika kamu menyakitinya. Kamu tak akan pernah tau seberapa bahagianya ia ketika kamu berbuat baik padanya. Bahagia dan duka yang ia tunjukkan tak pernah sepenuhnya ia keluarkan.

Orang plegmatis-melankolis menyukai yang lembut, tetapi ketika dirinya merasa ditekan dan ditindas ia akan berubah menjadi korelis yang akan memperjuangkan haknya.

Tahukah kamu, jika orang plegmatis-melankolis meluapkan emosinya, tak lama kemudian ia akan tersadar dan ia akan menyesali dirinya mungkin telah menyakiti orang lain. Lalu kembali menikmati 'sakit'nya sendirian.

Walau aku Plegmatis-Melankolis tapi aku gak perfeksionis dan kurang teliti, oopsie :P aku lebih banyak dominan ke Plegmatis hahaha.

sumber : 
http://menganga.blogspot.com/2013/01/aku-seorang-plegmatis-melankolis.html
https://id-id.facebook.com/notes/andri-kiddrock-chocolatoz/4-sifat-manusia-plegmatis-melankolis-sanguinis-koleris/420355011350381
https://id-id.facebook.com/notes/andri-kiddrock-chocolatoz/4-sifat-manusia-plegmatis-melankolis-sanguinis-koleris/420355011350381

No comments:

Post a Comment

 
;